Minggu, 05 Januari 2020

PEMANFAATAN SEARCH ENGINE


3.9 Menerapkan teknik  penelusuran  Search Engine

4.9 Melakukan penelusuran  informasi


A. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

1.  Menjelaskan jenis-jenis penelusuran Search Engine.
2.  Mendemonstrasikan hasil.
3.  Penelusuran informasi.
4.  Menyajikan informasi hasil Search Engine.

B. Ujuan Pembelajaran

1.  Mengunakan Search Engine dengan baik.

2.  Mengetahui cara mencari informasi.
3.  Menampilkan informasi yang diperoleh dari Search Engine.
4.  Menyimpan informasi yang diperoleh.

A. Materi pembelajaran

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).


Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis anda.


Tujuan Dibuat Search Engine

Banyak dari kita sering menggunakan search engine, apa kalian tau apa tujuan dibuat nya search engine. Tujuan nya dibuat search engine agar mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search Engine" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Search Engine

Program untuk mencari informasi di internet tidak hanya search engine, ada juga yang disebut dengan web direktori dan invisible web. Masing-masing mempunyai kemampuan berbeda-beda, namun hingga kini search engine masih dinilai sebagai program paling mendekati sempurna untuk menyajikan informasi dengan cepat dan tepat. Dan suatu program pencarian bisa dikatakan sebagai program search engine jika memenuhi beberapa syarat berikut ini:


1.  Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada halaman yang terpilih.
2.  Menampilkan informasi berdasarkan kata kunci yang dicari, search engine berusaha untuk mencari kecocokan antara kata kunci atau keyword dengan dokumen yang ada pada seluruh halaman website atau dokumen.
3.  Database dokumen dijaring dengan menggunakan robot bernama spider.
4.  Kemampuan sebuah search engine berbeda-beda, dari mulai skala kecil hingga skala besar yang mampu menampung data website hingga miliaran.
5.  Ciri khusus dari search engine dibanding program pencarian lainnya adalah terletak pada proses peng-crawler-an halaman dokumen, untuk melakukannya search engine menggunakan bantuan robot bernama spider tanpa campur tangan manusia.

      

Contoh search engine yang sering dipergunakan orang diantaranya adalah :


1.  Google


     Website : www.google.com

    
Penjelasan : 
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.


     Kelebihan

1.   Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.

2.  Lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.

3.  Tampilan yang sederhana.

4.  Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.

5.  Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.


Kekurangan

Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.


Sejarah  

     Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.




2.  Yahoo!

Websitewww.yahoo.com

     
    Penjelasan :

     Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar. berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas :


     Kelebihan:

1.  Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju.
2.  Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis.
3.  Salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat.
4.  Banyak fasilitas yang disediakan, seperti: ymail dan lain-lain.
5.  Sudah ada di banyak negara.

Kekurangan:

1.  Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn.
2.  Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan.
3.  Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows.
4.  Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak.

     Sejarah :

     Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahapeserta didik teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.






3.  Bing

     Website : www.bing.com


     Penjelasan :

     Bing merupakan mesin pencari web milik Microsoft yang launching pada 1 juni 2009. Sebelumnya layanan ini dikenal dengan nama MSN search dan Windows Live seacrh dan Live Search yang sudah ada sejak 1998. Saat ini Bing sudah digunakan sekitar 9.5 % pengguna internet sebagai mesin penjari. Bing memiliiki tampilan dengan latar pemandangan yang selalu berubah-ubah.


Kelebihan :


1.  Mempunyai fasilitas instant answer.

2.  Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail

3.  Kotak detail pada link hasil pencarian.

4.  Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet, semua yang Anda cari pasti ada.

5.  Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.


Kekurangan :


1.  Tidak dapat berhitung.

2.  Fiturnya tidak lengkap.

3.  Bing.com kurang di minati oleh pengguna.

4.  Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.


Sejarah :

   Microsoft telah memproduksi tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini, kinerja ketiga mesin pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia Internet. Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing ini, tidak mematahkan semangat Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan mencoba untuk mengevaluasi dan menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada ketiga mesin pencari sebelum Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga menganalisis kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google Search dan Yahoo Search. Setelah melalui segala bentuk usaha di atas, Microsoft berusaha memperbaiki dan mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru, yaitu Bing. Sejarah terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga mesin pencari produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan bahwa terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live 




Cara Menggunakan Search Engine Google
Search Engine Google adalah aplikasi pencari data, informasi, alamat web site lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya. Langkah-langkah mencari data atau informasi melalui mesin pencari Google adalah sebagai berikut:
1.  Tuliskan alamat http://www.google.co.id pada Address Internet Explorer/Chrome.
2.  Setelah muncul halaman web Google, tuliskan kata kunci artikel atau informasi yang akan dicari pada kolom yang tersedia. Jika kata kuncinya lebih dari satu kata, maka gunakan tanda petik dua (". . ."). Ketikkan pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol Telusuri dengan Google.
3.  Halaman web akan menunjukkan hasil pencarian.
4.  Klik salah satu hasil pencarian untuk membacanya.
5.  Halaman web akan menunjukkan artikel yang merupakan link dari hasil pencarian yang diklik.
6.  Klik ikon Back untuk menampilkan hasil pencarian yang lainnya.
Dalam menggunakan Search Engine Google dapat melakukan penelusuran lanjutan untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Langkah-langkah mencari data atau informasi dengan penelusuran lanjutan adalah sebagai berikut:
1.  Tuliskan alamat http://www.google.co.id pada Address Internet Explorer.
2.  Setelah muncul halaman web Google, klik Penelusuran Lanjutan.
3.  Tuliskan dan pilih hal-hal yang diinginkan pada kolom-kolom yang tersedia. Kemudian, tekan tombol Telusuri dengan Google.

Cara mengetik keyword 

Tips agar hasil pencarian lebih akurat: 

1.  Sebaiknya tuliskan frase dengan beberapa kata lainnya, seperti: SMK Pariwisata

2.  List dalam kata sebaiknya disertai koma, misalnya: Shoes, Bags, Wallets. 

3.  Kata yang biasa ditampilkan bersama sebaiknya ditulis dalam tanda petik seperti "Smk Bisa", atau dengan menulis Smk+Bisa, meski beberapa search engine tidak mendukung tanda +. 

4.  Gunakan operator AND, OR di antara kata, atau klik link "Advanced" pada website pencari untuk mengetahui lebih jelasnya.

Sumber :
Buku Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMANFAATAN PASCA PRODUKSI VIDEO, ANIMASI DAN MUSIK DIGITAL

3.14    Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik Digital. 4 .14    Membuat laporan hasil pascaproduksi. A.  Indikato...