3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search
Engine
4.9
Melakukan penelusuran informasi
A. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1. Menjelaskan
jenis-jenis penelusuran Search Engine .
2. Mendemonstrasikan
hasil .
3. Penelusuran
informasi .
4. Menyajikan
informasi hasil Search Engine .
B. Ujuan
Pembelajaran
1. Mengunakan
Search Engine dengan baik.
2. Mengetahui
cara mencari informasi .
3. Menampilkan
informasi yang diperoleh dari Search Engine .
4. Menyimpan
informasi yang diperoleh .
A. Materi
pembelajaran
Search Engine (Mesin
Pencari) adalah sebuah sistem
software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam
layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau
News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan
jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang
bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian
sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).
Hasil pencarian juga
memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video,
dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan
data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search
Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine
tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk
dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat
dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO pada website bisnis
anda.
Tujuan
Dibuat Search Engine
Banyak dari kita sering
menggunakan search engine, apa kalian tau apa tujuan dibuat nya search engine. Tujuan
nya dibuat search engine agar mempermudah seseorang untuk
mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya
mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search
Engine" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan
informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.
Karakteristik dan Ciri-Ciri Search Engine
Program untuk mencari
informasi di internet tidak hanya search engine, ada juga yang disebut dengan
web direktori dan invisible web. Masing-masing mempunyai kemampuan
berbeda-beda, namun hingga kini search engine masih dinilai sebagai program
paling mendekati sempurna untuk menyajikan informasi dengan cepat dan tepat.
Dan suatu program pencarian bisa dikatakan sebagai program search engine jika memenuhi
beberapa syarat berikut ini:
1. Menyimpan data dalam bentuk teks penuh pada
halaman yang terpilih .
2. Menampilkan informasi berdasarkan kata kunci
yang dicari, search engine berusaha untuk mencari kecocokan antara kata kunci
atau keyword dengan dokumen yang ada pada seluruh halaman website atau dokumen .
3. Database dokumen dijaring dengan menggunakan
robot bernama spider .
4. Kemampuan sebuah search engine berbeda-beda,
dari mulai skala kecil hingga skala besar yang mampu menampung data website
hingga miliaran .
5. Ciri khusus dari search engine dibanding
program pencarian lainnya adalah terletak pada proses peng-crawler-an halaman
dokumen, untuk melakukannya search engine menggunakan bantuan robot bernama
spider tanpa campur tangan manusia.
Contoh
search engine yang sering dipergunakan orang diantaranya adalah :
1. Google
Website
: www.google.com
Penjelasan :
Selain pencarian web,
Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian
pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya
terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan
Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank,
database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Kelebihan
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. Lebih
canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan
yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari
yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat
menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar,
berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan
Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer
untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap
celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil
pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Sejarah
Google didirikan
oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham
perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September
1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan
membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan
tidak resminya adalah "Don't be evil". Pada
tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.
2. Yahoo!
Penjelasan :
Salah satu portal terbesar di Internet, selain
MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak
terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk
itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah
dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah
direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang
masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih jelas :
Kelebihan:
1. Cara
surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju .
2. Salah
satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis .
3. Salah
satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat .
4. Banyak
fasilitas yang disediakan, seperti: ymail dan lain-lain .
5. Sudah
ada di banyak negara .
Kekurangan:
1. Satu
id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn .
2. Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang
disalah gunakan .
3. Fitur Y!M msh sangat kalah jauh dengan IM
keluaran windows .
4. Skin untuk Y!M msh sangatlah simple, tak
seperti IM yang ada cukup banyak.
Sejarah :
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark
(petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua
orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi
ke luar kota karena cuti besar. Dua mahapeserta didik teknik tersebut hanya
mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet.
Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark
yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk
memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk
menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
3. Bing
Penjelasan :
Bing merupakan mesin pencari web milik
Microsoft yang launching pada 1 juni 2009. Sebelumnya layanan ini dikenal
dengan nama MSN search dan Windows Live seacrh dan Live Search yang sudah ada
sejak 1998. Saat ini Bing sudah digunakan sekitar 9.5 % pengguna internet
sebagai mesin penjari. Bing memiliiki tampilan dengan latar pemandangan yang
selalu berubah-ubah.
Kelebihan :
1. Mempunyai fasilitas instant answer.
2. Hasil pencarian image atau video dapat
ditampilkan dan disaring secara detail
3. Kotak
detail pada link hasil pencarian.
4. Bing.com ini mesin pencari yang sangat complet,
semua yang Anda cari pasti ada.
5. Sistem filternya bisa kita aktif kan ataudi
non aktifkan, jadi anda bisa membuka situs yang diblokir.
Kekurangan :
1. Tidak dapat berhitung.
2. Fiturnya tidak lengkap.
3. Bing.com kurang di minati oleh pengguna.
4. Bing.com kurang cepat dalam pencariannya.
Sejarah :
Microsoft
telah memproduksi tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows Live
Search, dan Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini, kinerja ketiga
mesin pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna sehingga belum mampu
menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa mesin pencari di dunia Internet.
Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing ini, tidak mematahkan semangat
Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan mencoba untuk mengevaluasi dan
menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada ketiga mesin pencari sebelum
Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga menganalisis kelemahan-kelemahan yang
dimiliki oleh mesin pencari pesaing, terutama Google Search dan Yahoo Search.
Setelah melalui segala bentuk usaha di atas, Microsoft berusaha memperbaiki dan
mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru, yaitu Bing. Sejarah
terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga mesin pencari
produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan bahwa
terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live
Cara Menggunakan Search Engine Google
Search Engine Google adalah aplikasi pencari data,
informasi, alamat web site lain melalui input kata kunci dan fitur lainnya.
Langkah-langkah mencari data atau informasi melalui mesin pencari Google adalah
sebagai berikut:
1.
Tuliskan alamat
http://www.google.co.id pada Address Internet Explorer/Chrome.
2.
Setelah muncul
halaman web Google, tuliskan kata kunci artikel atau informasi yang akan dicari
pada kolom yang tersedia. Jika kata kuncinya lebih dari satu kata, maka gunakan
tanda petik dua (". . ."). Ketikkan pada kolom yang tersedia,
kemudian tekan tombol Telusuri dengan Google.
3.
Halaman web akan
menunjukkan hasil pencarian.
4.
Klik salah satu
hasil pencarian untuk membacanya.
5.
Halaman web akan
menunjukkan artikel yang merupakan link dari hasil pencarian yang diklik.
6.
Klik ikon Back
untuk menampilkan hasil pencarian yang lainnya.
Dalam menggunakan Search Engine Google dapat
melakukan penelusuran lanjutan untuk mencari informasi yang lebih spesifik.
Langkah-langkah mencari data atau informasi dengan penelusuran lanjutan adalah
sebagai berikut:
1.
Tuliskan alamat
http://www.google.co.id pada Address Internet Explorer.
2.
Setelah muncul
halaman web Google, klik Penelusuran Lanjutan.
3. Tuliskan dan pilih hal-hal yang diinginkan pada
kolom-kolom yang tersedia. Kemudian, tekan tombol Telusuri dengan Google.
Cara mengetik keyword
Tips
agar hasil pencarian lebih akurat:
1. Sebaiknya tuliskan frase dengan beberapa kata
lainnya, seperti: SMK Pariwisata.
2. List dalam kata sebaiknya disertai koma,
misalnya: Shoes, Bags, Wallets.
3. Kata yang biasa ditampilkan bersama sebaiknya
ditulis dalam tanda petik seperti "Smk Bisa", atau dengan menulis Smk+Bisa,
meski beberapa search engine tidak mendukung tanda +.
4. Gunakan operator AND, OR di antara kata, atau
klik link "Advanced" pada website pencari untuk mengetahui lebih
jelasnya.
Sumber :
Buku Bahan Ajar Simulasi
dan Komunikasi Digital Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar